Kesalahan kecil yang FATAL

| Monday, February 25, 2008

Namanya manusia ga luput dari kesalahan, lalai dan teledor. Dan akibatnya macam², tak jarang kesalahan kecilpun bisa berakibat fatal. Bayangin aja misalnya dokter salah tulis dikit aja ngasih resep, atau diagnosa bisa berakibat kematian kan..

Ok, kita ngga akan bahas medis karna gw ga ngeri sekali sama. Gw cuman mau nulis kesalahan kecil gue yang berakibat fatal meski ga sampe menyebabkan kematian *sigh*

Sore kemarin server gw loadnya beraaattt banget... seperti seorang pemuda yang naik BMW tapi mangku gajah lampung! Segera saja otakku yang mungkin sama dgn otak manusia indonesia yang jarang digunakan karena takut aus mulai terasah.
Tiba2 saja saya sudah login di gateway server² dan mulai mengallow ip tertentu yang diijinkan untuk ngakses server dan mulai mendeny ip2 yang tidak dibutuhkan untuk mengurangi load server gw yang sedang mangku gajah duduk..
Crap!
Ada rule yang salah saat ngetikkan baris2 perintah firewall...
Jadinya gateway ga bisa saya akses dan server yang lain juga sama kecuali server yg diduduki gajah tadi.

Help.. tasukete kudasai!..
Gatewaynya jauh di ibukota negara banjir nan macet 924 km darisini.
Harus call teman dulu disana, setelah proses yang mendebarkan bin menyebalkan bisa juga terhubung dan dia harus menempuh lebih dari 30 menit untuk sampai dan cangkruk di consolenya.
Oh baru cobaan gini aja gw dah bingung setengah hidup, ya maklum wong gatewaynya u/ beberapa server maha penting.

Finally smua bisa diatasi *ya jelas wong emang rulenya simple tapi mematikan*
Server yang lambreta ternyata karena ada salah satu cust. yang ngabis2in resource servernya, so smtr saya suspend dulu.
Report juga udah kukirim, report yang apa adanya tanpa bumbu² sedikitpun. Rangkaian kejadian dari awal sampai akhir sampai main effect kutulis disertai perasaan nano-nano seorang kuli yang sedang berkecamuk di dada. yah mo gmn lagi emang salah saya jadi tinggal siap2 konsekuensinya aja..

Hikmah yang bisa diambil :
1. Terkadang dengan cobaan sedikit saja, manusia sudah merasa merana. Terkadang makian sampai keluar, seakan lupa kalau nikmat yang telah diterima begitu banyak sampai tidak bisa dihitung bahkan walau jari gajah lampung ikut serta juga ga bakal cukup untuk ngitung. Kalkulator bisa jadi akan buffer overflow kalau kita maksa ngitung.

2. Jika melakukan sesuatu yang harus cepat selesai, dan cukup merepotkan. Biasakan untuk menenangkan diri dan konsentrasi penuh dan jangan lupa bismillah.

3. Usahakan ruangan cukup kondusif, tidak ada teman yang mengganggu, suara atau hal² kurang penting lainnya.

0 komentar: